Jurusan Peternakan adalah lembaga yang sudah berkembang dan memberi kontribusi yang tidak sedikit pada perkembangan sains dan teknologi secara regional maupun nasional. Modal dasar sebagai Institusi Akademik yang profesional dengan garansi sains dan teknologi sudah dimiliki dan berkembang menjadi sumber kekuatan dan keunggulan Institusi ini selama 25 tahun. Keberadaan jurusan peternakan sudah mendapat pengakuan publik sejak 25 tahun yang lalu sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sarjana yang handal, unggul dalam inovasi iptek dan profesional. Jurusan peternakan juga telah menghasilkan wirausaha tangguh dan mampu bersaing di dunia usaha.
Pengakuan publik merupakan
pengejewantahan dari visi dan misi jurusan peternakan dan jaminan standar
mutu yang dikembangkan sebelum, selama dan setelah proses pendidikan
berlangsung. Secara akademik Jurusan Peternakan mendapatkan pengakuan dari
Direktorat Pendidikan Tinggi pada tahun 2007 yaitu Prodi Produksi Ternak
memperoleh status akreditasi dengan nilkai “A” dengan SK BAN PT No.:
015/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2007 yang berlaku hingga 10 Juli 2012.
Seiring dengan kemajuan iptek di
dunia usaha dan industri, untuk menyelaraskan kebutuhan pengguna akan SDM
sarjana peternakan Jurusan Peternakan telah menetapkan visi yaitu menjadi
penyelenggara pendidikan tinggi terkemuka dalam pengembangan IPTEK di bidang
peternakan terpadu berbasis kewirausahaan berdasarkan nilai-nilai Islam untuk
kesejahteraan manusia. Dan telah mengembangkan substansi kurikulum Jurusan
Peternakan melalui penguatan akademik dan kompetensi sumber daya manusia, ilmu
pengetahuan dan teknologi dari program studi sehingga lebih memantapkan langkah
untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkemajuan dan terdepan.
Tujuan berternak
Suatu usaha agribisnis
seperti peternakan harus mempunyai tujuan, yang berguna sebagai evaluasi
kegiatan yang dilakukan selama beternak salah atau benar Contoh tujuan
peternakan yaitu tujuan komersial sebagai cara memperoleh keuntungan. Bila
tujuan ini yang ditetapkan maka segala prinsip ekonomi perusahaan, ekonomi
mikro dan makro, konsep akuntansi dan manajemen harus diterapkan. Namun
apabila peternakan dibuka untuk tujuan pemanfaatan sumber daya,
misalnya tanah
atau untuk mengisi waktu luang tujuan utama memang bukan merupakan aspek
komersial, namun harus tetap mengharapkan modal yang ditanamkan
dapat kembali.
Manfaat dan hasil beternak
Manfaat yang dapat diambil dari
usaha beternak kambing selain diambil hasil dagingnya, kambing dapat diambil
hasil kulitnya, kotorannya dapat dimaanfaatkan untuk pupuk dan hasil tulangnya
juga dimanfaatkan. Bahkan jenis-jenis kambing tertentu dapat dimbil hasil
susunya, hasil bulunya untuk bahan kain wol.
Manfaat yang dapat diambil dari
usaha beternak lebah Apis mellifera yang bibit
awalnya didatangkan dari Australia adalah jasanya untuk polinasi (penyerbukan)
tanaman, banyak pemilik perkebunan di luar Indonesia yang menyewa koloni lebah
dari peternak untuk melakukan penyerbukan tanaman di
perkebunannya. Perkebunan yang sering menyewa koloni lebah adalah
perkebunan apel.
Beternak kelinci juga banyak
memiliki manfaat, diantaranya yaitu daging yang dapat diambil untuk menambah
gizi keluarga, penambah penghasilan keluarga, kulit kelinci dapat dijual untuk
bahan industri, kotoran serta air kencingnya dapat kita jual untuk dijadikan
pupuk tanaman serta untuk bahan bakar biogas.
Manajemen pemeliharaan ternak
diperkenalkan sebagai upaya untuk dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi
pemilik peternakan.[10]
Dalam manajemen pemeliharaan ternak dipelajari, antara lain :Seleksi Bibit, Pakan, Kandang, Sistem Perkawinan,
Kesehatan Hewan, Tata Laksana Pemeliharaan dan Pemasaran. Pakan
yang berkualitas baik atau mengandung gizi yang cukup akan berpengaruh baik
terhadap yaitu tumbuh sehat, cepat gemuk, berkembangbiak dengan baik, jumlah
ternak yang mati atau sakit akan berkurang, serta jumlah anak yang lahir dan
hidup sampai disapih meningkat. Singkatnya, pakan dapat menentukan kualitas
ternak. Selain itu berdasarkan penelitian, hasil dari kualitas pupuk dari
ternak potong dengan ternak perah berbeda. Ternak yang diberi makanan
bermutu (seperti ternak perah)akan menghasilkan pupuk yang berkualitas baik, sebaliknya
ternak yang makanannya kurang baik juga akan menghasilkan pupuk yang
kualitasnya rendah.
Program dan Strategi Pemasaran
Dalam melakukan pemasaran hasil
produk ternak sapi potong dituntut adanya tingkat kejelian “Manager Pemasaran”,
khususnya di dalam cara menetapkan atau melaksanakan program dan strategi
pemasaran. Demikian juga perlu memperhatikan masalah rantai pemasaran, sebab
panjang pendeknya suatu rantai pemasaran produksi yang ditunjukkan oleh
besarnya margin pemasaran. Sebab suatu kebiasaan yang sering terjadi tingginya
harga jual suatu jenis produk tertentu oleh pihak lembaga pemasaran justru akan
dibebankan dalam harga yang harus di bayarkan konsumen ataupun oleh pihak
produsen.
Adapun diantara penyebab-penyebab utama besarnya biaya pemasaran suatu jenis produk perumahan adalah : (a). Lembaga pemasaran bekerja kurang efisien dan efektif ; (b). Kurangnya keahlian lembaga pemasaran di dalam menangani produk yang dipasarkan ; dan (C). Keadaan prasarana dan sarana yang kurang menunjang di dalam melakukan kegiatan pemasaran.
Sebagai pedoman didalam menyusun strategi pemasaran bagi pihak “Manager Pemasaran”, harus memperhatikan adanya 4 (empat) tahapan dalam memprediksi jumlab permintaan pasar, yaitu antara lain:
Menentukan peluang pasar dan sasaran buyer yang dituju serta menentukan bagian pasar yang mungkin diraih oleh perusahaan.
Membagi total permintaan menjadi beberapa komponen utama sesuai dengan kecenderungan permintaan konsumen potensial, selain sistim pembayaran ditawarkan.
Melakukan peramalan pasar termasuk hal-hal yang turut mempengaruhi permintaan masing-masing bagian atau segmen konsumen, untuk seterusnya mengevaluasi sebab-sebab bagaimana hal ini dapat terjadi.
Melakukan analisa sensitivitas untuk mendekati/mengetahui point-point mana dan unsur biaya yang labil dalam mempengaruhi arus keuangan usaha, dan sekaligus mengukur tingkat risiko peramalan.
Penyusunan suatu program pemasaran adalah dimaksudkan untuk menjamin kelancaran tercapainya target-target penjualan, sedangkan didalam menyusun strategi pemasaran juga harus mempertimbangkan masalah karakteristik masing-masing pasar, termasuk keadaan sarana prasarana penunjangnya dan pelakunya itu sendiri sehingga bagi seorang manajer pemasaran perlu memperhatikan hal-hal ini:
Tetap menjaga kestabilan, kesinambungan dan kualitas produk ternak sapi potong yang ditawarkan agar dapat menanamkan rasa kepercayaan konsumen terhadap kredibilitas perusahaan.
Tetap mengadakan riset dan penelitian secara tetap dan berkala terhadap perkembangan dan fluktuasi harga bulanan, yang terendah maupun yang tertinggi menurut waktu.
Adapun diantara penyebab-penyebab utama besarnya biaya pemasaran suatu jenis produk perumahan adalah : (a). Lembaga pemasaran bekerja kurang efisien dan efektif ; (b). Kurangnya keahlian lembaga pemasaran di dalam menangani produk yang dipasarkan ; dan (C). Keadaan prasarana dan sarana yang kurang menunjang di dalam melakukan kegiatan pemasaran.
Sebagai pedoman didalam menyusun strategi pemasaran bagi pihak “Manager Pemasaran”, harus memperhatikan adanya 4 (empat) tahapan dalam memprediksi jumlab permintaan pasar, yaitu antara lain:
Menentukan peluang pasar dan sasaran buyer yang dituju serta menentukan bagian pasar yang mungkin diraih oleh perusahaan.
Membagi total permintaan menjadi beberapa komponen utama sesuai dengan kecenderungan permintaan konsumen potensial, selain sistim pembayaran ditawarkan.
Melakukan peramalan pasar termasuk hal-hal yang turut mempengaruhi permintaan masing-masing bagian atau segmen konsumen, untuk seterusnya mengevaluasi sebab-sebab bagaimana hal ini dapat terjadi.
Melakukan analisa sensitivitas untuk mendekati/mengetahui point-point mana dan unsur biaya yang labil dalam mempengaruhi arus keuangan usaha, dan sekaligus mengukur tingkat risiko peramalan.
Penyusunan suatu program pemasaran adalah dimaksudkan untuk menjamin kelancaran tercapainya target-target penjualan, sedangkan didalam menyusun strategi pemasaran juga harus mempertimbangkan masalah karakteristik masing-masing pasar, termasuk keadaan sarana prasarana penunjangnya dan pelakunya itu sendiri sehingga bagi seorang manajer pemasaran perlu memperhatikan hal-hal ini:
Tetap menjaga kestabilan, kesinambungan dan kualitas produk ternak sapi potong yang ditawarkan agar dapat menanamkan rasa kepercayaan konsumen terhadap kredibilitas perusahaan.
Tetap mengadakan riset dan penelitian secara tetap dan berkala terhadap perkembangan dan fluktuasi harga bulanan, yang terendah maupun yang tertinggi menurut waktu.
Sarjana
Peternakan jadi Rebutan Pasar Kerja
Dunia peternakan sejatinya
menawarkan peluang usaha yang sangat besar di pasaran. Buktinya, semakin banyak
perusahaan mengaku kekurangan sarjana tenaga ahli peternakan akibat sedikitnya
minat mahasiswa mempelajari peternakan. Hal ini sangat disayangkan karena
peluang itu tidak sepenuhnya dapat dimanfaatkan.
Ketua Jurusan Peternakan Fakultas
Pertanian dan Peternakan UMM, drh. Imbang Dwi R. M.Kes, mengatakan hal itu
merupakan kelebihan bagi mahasiswa FPP saat ini. Sarjana peternakan menjadi
rebutan di pasar kerja karena pasar lebih besar daripada lulusan. Meski demikian,
jurusan peternakan UMM tidak boleh lengah karena harus tetap menjaga kualitas
lulusannya agar memuaskan pengguna lulusannya.
“UMM sendiri masih belum bisa
sepenuhnya memenuhi permintaan pasar karena keterbatasan jumlah mahasiswa.
Padahal kepercayaan perusahaan pada FPP UMM sangat luar biasa,” tambah Imbang.
Diakuinya, sejak jauh hari sebelum lulus, banyak perusahaan memesan sarjana
peternakan UMM.
Saat ini FPP UMM masih melanjutkan
kerjasama rekruitmen sarjana dengan PT. Wonokoyo Jaya Corpindo. Kali ini adalah
periode keempat kerjasama di antara dua lembaga ini sejak 1992. Tak hanya
merekrut lulusan, Wonokoyo juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa tingkat
akhir sebesar Rp. 750 ribu tiap bulan. Hal ini terungkap pada pemantapan
kerjasama yang dibarengi dengan kuliah tamu yang berlangsung, Jumat (14/01).
Kuliah tamu menghadirkan pimpinan Human Resource Department (HRD) di
Wonokoyo, drh. Heri Kurniawan.
Heri mengatakan, masih banyak
peluang bagi lulusan UMM yang berminat mengajukan lamaran ke perusahaannya.
“Ajukan saja lamaran kepada kami insyallahditerima,” ungkapnya
meyakinkan. Perusahaan Wonokoyo diakuinya sebagai perusahaan perunggasan yang
mampu memimpin pasar dengan kualitas terbaik di Indonesia.
Dalam kuliahnya, Heri menyarankan
penambahan muatan kurikulum perunggasan. Sebab, unggas merupakan kebutuhan
konsumsi masyarakat Indonesia yang paling besar. Angkanya bisa mencapai 46,62%
untuk permintaan boiler, yang mengalahkan konsumsi daging sapi sebesar 20,51%,
babi 10,09%, dan 17, 4% untuk unggas lainnya.
Dari fakta tersebut kemudian
tercipta semboyan Wonokoyo, yaitu dengan ayam membangun bangsa. Sehingga,
selain fokus pada pengembangan perusahaan diperhatikan juga pengembangan SDM
bagi karyawan yang menjadi strategi utama perusahaan. Selalu dilakukan
pelatihan regular dan pembiayaan S2 bagi karyawan yang berprestasi. Sehingga
nantinya manajemen farm dapat diolah secara professional untuk menghasilkan
produk yang bermutu.
Hingga saat ini Wonokoyo masih
membuka berbagai lowongan pekerjaan. Antara lain pada posisi, staff teknis
untuk bagian Bread Farm dan Commersial Farm untuk wilayah Jatim. Sedangkan pada
Feedmeal dan Slaughter, juga membutuhkan karyawan baru yang bersedia menjadi
tenaga QS/ lab di wilayah Jatim. Sementara itu Marketing F and D membuka lowongan
untuk ditempatkan di seluruh Indonesia.(rwp/nas)
Ingin menjadi seorang JUTAWAN hanya dengan bermain Judi Online?
BalasHapusSegera bergabung bersama kami S128Cash Bandar Betting Online Teraman dan Terbaik 2019.
Isi waktu luang Anda bersama kami dengan temani permainan-permainan Populer masyarakat Indonesia, seperti Sportsbook, Live Casino, Sabung Ayam Online, IDN Poker, Slot Games Online, Tembak Ikan Online dan Klik4D.
S128Cash juga menyediakan berbagai HOT PROMO.
Berikut PROMO tersebut :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS FREEBET 200rB
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!
Untuk pelayanan CS disini tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti sangat PROFESIONAL, RAMAH dan SOPAN serta siap melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!
Hubungi Kami :
- Livechat : Live Chat Judi Online
- WhatsApp : 081910053031
Link Alternatif :
- http://www.s128cash.biz
Judi Bola
Judi Bola Terpercaya